Konsultan Internet Marketing, Jasa Internet Marketing, Pelatihan Internet Marketing, Konsultan Bisnis Online dan Jasa SEO. 0896-5331-2998

Minggu, 08 Mei 2016

OnPage SEO Cheat Sheet: Site Speed

Beberapa tahun belakangan ini Google telah merilis beberapa Algoritmanya yang baru, mulai dari Panda, Penguin, and Hummingbird, MobileGeddon, dan lain-lain. Perubahan Algoritma google akan berdampak pada perubahan posisi pencarian web kita, sehingga kita perlu tahu setiap perubahan yang terjadi pada algoritma google. Dan baru-baru ini di 2016 sepertinya telah terjadi perubahan besar-besaran pada algoritma google, buktinya banyak sekali web atau blog yang terkena dampaknya.  

Perubahan yang terjadi pada algoritma google bertujuan google ingin para pengunjung web merasa senang dan mendapatkan manfaat ketika mereka berkunjung ke sebuah web yang di dapat dari mesin pencari, dan hanya satu cara google bisa mengetahui kalau pengunjung benar-benar puas ketika mereka berkunjung ke sebuah web yaitu dengan bukti data berapa lama pengunjung menghabiskan waktunya di sebuah website yang dia kunjungi. 

Pada artikel kali ini kami ingin menunjukan sesuatu yang sangat penting dan harus benar-benar jadi perhatian bagi para Seo mania, karena jika sesuatu hal yang sangat penting ini anda lakukan maka akan meningkatkan trafik pengunjung dan akan membuat SEO Of Page kita jadi lebih mudah. Dan beberapa hal penting ini adalah hal mendasar pada teknik SEO yang selalu relevan dengan setiap perubahan algoritma google. Kami coba kupas satu persatu dalam beberapa seri, sehingga kami sarankan pantengin terus blog ini agar bapak/ibu selalu mendapatkan update terbaru dari seri tulisan ini. Hal pertama yang kita bahas adalah :  

   Kecepatan Website

Baru-baru ini ada riset yang menemukan bahwa 47% target pengunjung berharap website kita bisa diakses dalam waktu tidak lebih dari 2 detik. Hal ini sangat wajar, karena setiap kita benci yang namanya menunggu (apalagi menunggu lama). Jadi sangat wajar jika Google sangat peduli dengan loading kecepatan dari sebuah website.

Kembali di tahun 2010, Matt Cutts mengumumkan bahwa kecepatan sebiah website akan sangat berpengaruh terhadap faktor pencarian yang terkait, PA atau DA dan lain sebagainya. Tidak jauh berbeda dengan tahun 2015 dan 2016, kecepatan website ketika dikases menjadi hal yang sangat penting.

Baru-baru ini ada peneltian yang menunjukan bahwa lambatnya website ketika diakses akan berpengaruh terhadap pengunjung, dan jika di konversi akan berpengaruh sekatar 7% pengunjung. Lebih satu detik saja website lama diakses akan berpengaruh sekitar 7% terhadap konversi pengunjung.


Untuk cek berapa kecepatan website kita, bapak ibu bisa gunakan web berikut http://tools.pingdom.com/fpt/, kalau ingin membandingan kecepatan website kita dengan website kompetitor bapak/ibu bisa cek di sini http://whichloadsfaster.zomdir.com -> Masukan website kita dan website kompetitor kemudian klik GO, selanjutnya akan tampil data perbandingan kedua website tersebut. Jika hasilnya belum optimal, gak usah kuatir ada banyak cara untuk meningkatkan kecepatan website kita. 

 

Jika anda pengguna CMS Wordpress, hapus plugin yang tidak terpakai guna mempercepat website, atau barangkali terlalu banyak gambar yang size-nya cukup besar sehingga memperlambat kecepatan loading web maka segera lakukan resize gambar. Masalah lain bisa disebabkan karena hosting, kalau hosting tempat kita naruh file sering error atau memang spek paket yang kita pilih berpengaruh terhadap kecepatan maka segera pertimbangkan untuk upgrade ke paket yang lebih baik spek-nya.

Catatan :
Load website yang paling baik adalah jika loaddingnya dibawah 1 detik, dan masih dikatakan bagus juga jika dibawah 3 detik bahkan 7 detik pun masih OK. Tetapi jika diatas 10 detik maka perlu diperbaiki kembali loaddingnya biar bertambah cepat.

Bersambung pada tulisan berikutnya yaitu pembahasan tentang Meta Tag  


Muslimin 
Konsultan & Trainner Internet Marketing 
Lokasi: Jatijajar, Tapos, Depok City, West Java, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Kontak

Alamat
Jl. Jatijajar 2 Komplek Linux Asri Blok A No. 11 Depok

Telp.
0812 8448 8651

WA/Telegram
089653312998


Info Workshop Maret 2017

Diberdayakan oleh Blogger.