Tips Memulai Bisnis Online Bagi Karyawan
Memiliki bisnis sendiri
adalah impian banyak orang, namun sayangnya impian tinggal impian.
Kebanyakan berhenti pada impian tidak berlanjut pada dunia nyata. Banyak
orang yang sudah
bertahun-tahun mengatakan ingin memiliki bisnis tetapi dari tahun ke
tahun belum juga bergerak, masih sebatas wacana.
Bisnis itu di ibaratkan seperti membangun rumah, dimulai dengan membuat pondasi, lalu dinding, kemudian akhirnya adalah atap. Begitulah bisnis, harus dimulai dengan pondasi yang kuat. Niat yang kuat, mainset yang benar, dan penuh perhitungan. Namun hal terpenting dalam membangun bisnis adalah Take Action Now. Kalau semua sudah ada tapi gak pernah action ya sama aja mimpi di siang bolong.
Bisnis itu di ibaratkan seperti membangun rumah, dimulai dengan membuat pondasi, lalu dinding, kemudian akhirnya adalah atap. Begitulah bisnis, harus dimulai dengan pondasi yang kuat. Niat yang kuat, mainset yang benar, dan penuh perhitungan. Namun hal terpenting dalam membangun bisnis adalah Take Action Now. Kalau semua sudah ada tapi gak pernah action ya sama aja mimpi di siang bolong.
Siapapun
orangnya Insya Allah bisa sukses membangun bisnis asal dimulai, dan
dikerjakan. Di era teknologi seperti sekarang, bisnis bisa dijalankan
dengan mudah. Cukup dengan modal HP dan Laptop sebuah bisnis sudah bisa
running. Waktunya pun bisa kita atur, sehingga seorang karyawanpun bisa
menjalankannya. Dengan memanfaatkan Bisnis Online seorang karyawan bisa
sukses membangun bisnisnya.
Pada
tulisan kali ini kami ingin berbagi pengalaman tentang Tips Memulai Bisnis Online Bagi Karyawan. Kami menulis ini bukan berarti kami
sudah sukses membangun sebuah bisnis tapi minimal kami sudah melalui
beberapa tahap guna menuju tahapan berikutnya yaitu sebagai pebisnis
Online yang sukses. Berikut ini Tips kami dalam memulai bisnis online
saat masih jadi karyawan, yaitu :
- Tentukan bisnis apa yang mau di jalankan. Lakukan riset kecil-kecilan tentang bisnis yang mau kita jalankan. Riset bisa dilakukan di google suggestion, atau keyword planner atau jika belum bisa menggunakan kedua tools tersebut riset bisa dilakukan di web marketplace.
- Setelah menentukan bisnis apa, langkah selanjutnya adalah membuat perencanaan terkait dengan produk (misal kerjasama dengan produsen), Tools Pemasarannya (buat blog atau web, pakai sosial media dll)
- Yang ini sangat penting dan harus dijalankan yaitu alokasikan waktu 1-2 jam setiap hari untuk online baik dalam rangka membuat web/blog, pemasaran online atau kalau sudah tahu SEO bisa lakukan optimasi. Waktunya bisa tentukan sendiri misal malam hari setelah pulang kerja atau pada pagi hari misal jam 03.00 atau jam 04.00. Lakukan hal tersebut setiap hari. Dan sebaiknya buat perencanaan apa yang harus dilakukan setiap harinya.
- Bersabar menjalani prosesnya, nikmati setiap langkah-langkahnya. Lakukan terus agenda yan sudah di susun, jangan tergoda dengan aktifitas lain yang tidak ada di agenda misal terlalu lama lihat facebook dll. Bersabarlah dan jalanin aja terus prosesnya, sambil menyiapkan jurus jitu dalam menghadapi client yang telpon. Biasanya akan mulai terlihat ketika kita sudah melakukan hal tersebut 3-4 bulan.
- Belajar terus jangan berhenti, update ilmu-ilmu pemasaran online baik melalui social media maupun SEO. Untuk Update bisa baca buku, baca artikel, ikut komunitas atau ikut workshop SEO atau Social Media Marketing seperti yang diadakan oleh Sahabatumkm setiap bulannya.
- Terakhir Berdoa, kita manusia hanya bisa berusaha yang menentukan berhasil atau tidak Allah Swt. Serahkan semua yang sudah kita lakukan sambil terus berusaha.
Demikian
tips yang bisa dibagi, tips ini berdasarkan pengalaman pribadi karena
sebelum resign dari kerjaan sebelumnya kami telah melakukan hal diatas.
Semoga Allah mudahkan usaha kita semua, Aamiin.
0 komentar:
Posting Komentar